REKOMPAK JRF SUKSES BERKAT SWADAYA MASYARAKAT

Klaten - Swadaya masyarakat Desa Kebon, Kecamatan Bayat sangat tinggi dalam waktu setengah tahun mulai Januari 2010 sampai Mei 2010 bisa mengumpulkan dana 108 Juta guna menunjang Rekompak JRF (Proyek Rehabilitasi dan Rekontruksi Masyarakat dan Pemukiman Berbasis Komunitas-Java Recontruction Fund) yang dibiayai Bank Dunia.
Sukaca, Selaku Kepala Desa Kebon mengatakan bahwa swadaya masyarakat merupakan bukti nyata antusias dan keiklasan warga dalam mensukseskan Rekompak JRF yang dibiayai oleh World Bank. Swadaya ini berwujud hibah tanah maupun bangunan yang terkena proyek, tenaga lapangan, dan iuran warga yang keseluruhannya senilai 108 juta rupiah. Dari hibah tanah maupun bangunan tercatat sebanyak 28 warga desa Kebon merelakan dan menghibahkan tanahnya untuk proyek Rekompak JRF.
Untuk tahap pertama ini World Bank memberikan bantuan dana sebesar 350 juta. Bantuan ini telah di implementasikan oleh warga untuk membangun sarana infrastruktur desa yang berupa pembangunan jalan desa, selokan dan talud desa.

Jumlah Total bantuan dari World Bank yang akan diterima oleh desa Kebon yaitu 2,5 milyar yang akan turun secara bertahap selama 5 tahun. Dana yang diterima akan digunakan untuk membangun sarana infrastruktur seperti pembangunan penampungan air desa dan pembangunan talud tebing untuk menghindari bahaya tanah longsor. (Kontributor Klaten)
sumber : http://www.jatengprov.go.id/?mid=wartadaera&listStyle=webzine&page=3&sort_index=regdate&order_type=desc&category=4242&document_srl=6766

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA PENGHASIL BATIK TULIS RAMAH LINGKUNGAN

Batik Desa Kebon yang menggunakan pewarna alami Batik merupakan salah satu karya seni terkemuka di seluruh nusantara dan tela...