Semangat Pengrajin Batik Indonesia

Dukuh Konang, Desa kebon,  Bayat, Klaten memiliki seorang ”pendekar” yang mendorong pemberdayaan buruh batik. Kisah tersebut ternyata sampai ke Thailand, tempat penyelenggaraan Human Home Worker Conference. Bahkan idenya direkomendasikan untuk direduplikasi di beberapa negara lainnya.
Dia adalah Suminah, seorang perempuan yang hanya menyelesaikan sekolah dasar melalui ujian persamaan. Namun di balik kegarangannya ketika menagih hutang anggota, tersimpan idealisme pemberdayaan yang tiada tanding.



Karya sederhananya berupa penerapan sistem simpan pinjam bagi buruh batik di desanya. Dari simpan pinjam tersebut kemudian dikembangkan menjadi semacam ‘dana sehat’ bagi pekerja-pekerja batik di tempatnya. Buruh batik yang mengikuti simpan pinjam cukup menyisihkan dana sejumlah Rp. 200,- per bulan per anggota. Anggota yang telah membayar tersebut jika sakit bisa berobat ke Puskemas dengan gratis. Puskesmas akan membebankan pembiayaan tersebut kepada kelompok. Sistem asuransi sederhana tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan buruh batik di desanya.
Batik Desa Kebon yang menggunakan Pewarna Alami
Merunut kembali ke belakang, karya Suminah bermula dari usulan lembaga pemberdaya masyarakat Bina Swadaya gugus wilayah (guswil) Boyolali yang disambut baik oleh Suminah mengingat minimnya pendapatan buruh batik di desanya. Suminah kala itu berjuang keras untuk mengumpulkan ibu-ibu dan mengembangkan embrio kelompok yang menjadi basis pemberdayaan perempuan pengusaha kecil.
Mengumpulkan kelompok ternyata tak semudah yang dibayangkan. Tantangan terutama datang dari suami-suami yang menganggap istri-istri mereka lebih banyak berkumpul dan bergosip daripada bekerja. Kecurigaan lain juga muncul dari aparat pemerintah desa yang merasa jabatannya terancam ketika ibu-ibu digerakkan dalam sebuah kelompok. Alhasil, lahirlah intimidasi yang diterima anggota kelompok agar mereka tidak menjadi pengurus.
Berbagai halangan tersebut membuat Ibu Suminah mau tak mau menjadi single fighter dalam mengembangkan kelompok dan usaha bersama mereka. Pada awal 1992 dia harus berperan sebagai motivator, ketua, bendahara sekaligus sekretaris kelompok. Dengan pengetahuan yang minim ia berusaha membuat pembukuan sederhana untuk mencatat keuangan kelompoknya. ”Yang penting ada debet dan kredit,” ujar Suminah.
Sepuluh tahun kemudian, barulah ada perubahan manajerial dalam kelompok Ibu Suminah. Pelatihan Manajerial Kelompok Swadaya Masyarakat yang diselenggarakan Bina Swadaya guswil Boyolali mensyaratkan setiap kelompok haruslah memiliki kepengurusan. Akhirnya, KSM Sidomukti yang digawangi oleh Ibu Suminah mendaulatnya menjadi bendahara. Ia dikenal tegas dan galak terhadap kreditor yang nakal. ”Yen nesu koyo buto, nggih jan-janipun atine apik” (Ind: Jika marah seperti raksasa, Walaupun sebenarnya hatinya baik), kata seorang anggota menanggapi karakter Ibu Suminah.
Hingga saat ini kelompok yang dipimpinnya telah berkembang menjadi empat buah kelompok. Tiga kelompok baru yang terbentuk adalah kelompok (1) Wana Arta yang memfokuskan pada simpan pinjam saja, (2) Karya Busana, yang menampung ibu-ibu penjahit batik, dan (3) Kelompok Harapan yang menampung ibu-ibu pedagang makanan. Keempat kelompok tersebut tetap mendaulatnya Ibu Suminah sebagai pendamping.
Kerja keras akhirnya membuahkan hasil nyata dan besar bagi semua anggota kelompok. KSM Sidomukti, yang memiliki 45 orang anggota, pada tahun 2006 membagikan SHU (Sisa Hasil Usaha) kepada anggotanya sejumlah Rp. 21.000.000,-. Keberhasilan lainnya, saat ini anggota KSM Sidomukti memiliki modal untuk mengelola usaha batik mereka. Anggota tinggal memproduksi batik dan menyerahkan kepada pengepul untuk dicelup. Bahkan dari simpanan yang dimiliki anggota, KSM Sidomukti telah mampu memiliki mesin pencelup sendiri.
Batik Tulis KSM Sidomukti memiliki pasar masyarakat kelas menengah ke atas dan kini sedang berusaha dengan keras untuk merambat ke pasar nasional. Pemasaran ke tingkat internasional masih menjadi harapan yang akan terus dikejar pewujudannya oleh KSM Sidomukti.
sumber : bina swadaya

3 komentar:

  1. Bulik Minah adalah pelopor,termasuk contoh ibu yang kuat dalam membawa anak2nya menuju kberhasilan.

    BalasHapus
  2. Aku bangga dengan karya2 Budhe :)
    mizZ U budhé . . . Batiknya udah laku nih, duitnya belum aku transfer. Hehehe

    BalasHapus

DESA PENGHASIL BATIK TULIS RAMAH LINGKUNGAN

Batik Desa Kebon yang menggunakan pewarna alami Batik merupakan salah satu karya seni terkemuka di seluruh nusantara dan tela...