Workshop Teknologi Tepat Guna Program CBI di Ds Kebon, Klaten


Dua hari setelah  Technical Consultant (TCs) program CBI mendapatkan transfer knowledge penerapan Teknologi Tepat Guna dalam ToT – B, pada tanggal 3 September 2010 dilaksanakan workshop - B di Desa Kebon, Bayat, Klaten. Workshop - B ini merupakan lanjutan dari workshop sebelumnya yang bertujuan untuk memberikan informasi beberapa alternatif teknologi tepat guna yang dapat di terapkan di IKM batik untuk mendukung eko efisiensi.
Materi yang diberikan dalam workshop tersebut disesuaikan dengan permintaan dan kondisi IKM batik setempat yaitu efisiensi penggunaan air, penggunaan kembali larutan zat warna bekas, zat warna alam, optimasi alat pencelupan warna, kompor listrik untuk pembatikan, alat recovery lilin batik dan pengelolaan limbah batik secara sederhana. Selain itu peserta workshop diberikan demo penggunaan kompor listrik untuk pembatikan sebagai alternatif lain dari kompor minyak tanah yang saat ini masih banyak digunakan oleh para pembatik di Desa Kebon, Bayat, Klaten.
Peserta yang berjumlah 20 orang dari IKM batik tersebut sangat antusias mengikuti acara workshop dari awal sampai akhir. Hal itu dapat terlihat dengan beberapa komentar dan pertanyaan dari beberapa peserta terkait dengan materi yang diberikan oleh para TC. Bahkan ada beberapa IKM batik yang tertarik untuk menggunakan teknologi kompor listrik untuk pembatikan yang diproduksi oleh BBKB karena dinilai lebih efisien dan ramah lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA PENGHASIL BATIK TULIS RAMAH LINGKUNGAN

Batik Desa Kebon yang menggunakan pewarna alami Batik merupakan salah satu karya seni terkemuka di seluruh nusantara dan tela...