Bank Dunia Tambah 10 Desa Yang Dapat Bantuan

KABUPATEN KLATEN (KRjogja.com) - Tahun 2010, setidaknya ada 10 desa di Kabupaten Klaten yang akan mendapatkan bantuan dana pembangunan fisik dari Bank Dunia dibawah koordinasi "Java Reconstruction Fund". Sehingga dengan adanya tambahan ini, maka sejak 2007 lalu total ada 65 desa yang sudah mendapat bantuan.
Hal itu disampaikan Kasubbid Pekerjaan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Klaten Ir Sugeng Santoso MM kepada wartawan di sela-sela sosialisasi bantuan dari Bank Dunia di Desa Kebon Kecamatan Bayat Klaten, Selasa (26/1). Sugeng mengatakan, dari 10 desa yang akan mendapatkan dana bantuan itu namun belum bisa disebutkan desa mana saja. Sebab, masih akan diselenggarakan seleksi administrasi pada beberapa desa lain yang juga mengajukan bantuan.
"Dari 65 desa yang mendapat bantuan itu, untuk pembangunan fisik di 37 desa dibawah naungan JRF, sedang 28 desa dibawah koordinasi Bappeda. Pembagian itu berupa Bappeda memberikan fasilitas tahapan seleski administrasi dan JRF ke pembangunan fisiknya. Sementara itu, mengenai nominalnya antara satu desa dengan desa lainnya berbeda-beda. Itu disesuaikan dengan seberapa besar kerusakan fisik yang dialami desa ketika terkena gempa 2006 lalu. Selama ini rata-rata mereka mendapat bantuan antara Rp 140-700 juta," ujarnya.
Sementara itu, Kepala Desa Kebon Sukoco mengungkapkan, pihaknya mengajukan bantuan dari Bank Dunia pada 2009. Desanya akan mendapat bantuan Rp 350 juta yang terbagi dalam dua termin. Termin pertama 40 persennya atau Rp 140 juta untuk 13 kegiatan. Menurutnya, Desa Kebon kondisi fisiknya bisa dikatakan 75 persen rusak setelah terkena gempa 2006 lalu. Kondisi fisik, ada yang sudah diperbaiki dengan menggunakan dana ADD atau dari PNPM. "Tapi hasilnya kurang maksimal. Makanya kami lalu mengajukan permohonan bantuan dari JRF dan ternyata lolos," tegas Sukoco. (R-6)
Sumber : KrJogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA PENGHASIL BATIK TULIS RAMAH LINGKUNGAN

Batik Desa Kebon yang menggunakan pewarna alami Batik merupakan salah satu karya seni terkemuka di seluruh nusantara dan tela...